Tips Merawat Kaktus Indoor

Posted on

Sedang terpikat bersama kaktus mini? Tanaman hias yang satu ini sebetulnya sesuai untuk memperindah ruangan, lebih-lebih kecuali kamar atau kantor Anda tak terlampau luas. Anda mampu meletakkannya di meja atau rak sudut.

Kalau puas kaktus hias indoor, tentunya Anda wajib tahu perawatan yang tepat untuk tanaman gurun ini. Perlu diketahui, langkah menjaga kaktus hias indoor sedikit tidak serupa kecuali dibandingkan bersama kaktus hias yang ditanam di luar ruangan.

Berikut ini beberapa tips di dalam menjaga kaktus hias indoor yang mampu Anda terapkan.

1. Pakai Media Tanam yang Tepat

Cara menjaga kaktus hias di di dalam ruangan yang pertama mampu bersama manfaatkan beberapa buah kerikil yang digunakan sebagai anggota basic pada pot kaktus. Hal ini dimaksudkan sehingga pot punya sistem drainase yang baik. Setelah diberi kerikil pada anggota bawahnya, lantas Anda mampu memasukkan tempat tanam yang punya komposisi berbentuk tanah, pasir kasar, serta serbuk arang. Penggunaan serbuk arang dimaksudkan, dikarenakan sifatnya yang berongga dan terbuka. Hal berikut akan menopang kaktus untuk mempertahankan kesehatannya.

Selanjutnya, sehingga suasana dari kaktus hias mampu terjaga kesehatannya, maka Anda mampu beri tambahan sedikit tepung tulang dan serbuk kapur, dikarenakan di dalam tepung tulang terkandung zat fosfor yang punya khasiat di dalam memperkuat fisik pada kaktus. Lalu, adanya serbuk kapur akan menopang di dalam mengurangi persentase asam yang ada di di dalam tempat tanam.

2. Jangan Sering Disiram

Jenis tanaman kaktus sebetulnya pada dasarnya punya simpanan persediaan air yang terkandung di dalam batangnya. Akar dari kaktus berikut sistemnya termasuk cukup simpel dan punya kuantitas akar yang sedikit. Hal berikut yang sebabkan kaktus justru tidak mampu menyerap kuantitas kelembaban yang terlampau tinggi.

Maka dari itu, jangan terlampau banyak beri tambahan asupan air pada kaktus, dikarenakan justru sebabkan kaktus menjadi cepat busuk dan mati. Untuk laksanakan penyiraman cukup laksanakan sebanyak satu kali di dalam periode dua minggu.

3. Letakkan di Tempat Kering

Kaktus punya habitat yakni pada lingkungan yang cukup kering. Itulah sebabnya, kecuali kaktus di letakkan pada lokasi yang punya tingkat kelembaban tinggi, justru akan menghindar sistem pertumbuhan dari kaktus tersebut. Jadi sebisa kemungkinan untuk menempatkan kaktus pada area yang punya suasana suhu yang kering, mengingat di di dalam ruangan biasanya punya suasana kelembaban yang cukup tinggi.

4. Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Sewajarnya tanaman, sebetulnya memerlukan asupan cahaya matahari sehingga mampu berkembang bersama baik. Meskipun begitu, bukan artinya Anda mampu menempatkan kaktus di sudut ruangan yang berpotensi terkena cahaya matahari langsung. Hal ini jutsru akan beresiko bagi kaktus hias Anda. Jika dibiarkan, biasanya pada anggota ujung tanaman kaktus hias akan terkandung warna coklat kehitaman sebagai pengaruh dari terbakar dikarenakan cahaya matahari.

Untuk di di dalam ruangan sendiri, Anda mampu menempatkan kaktus di meja dekat jendela namun diberi jarak kira-kira 30-60 cm. Hal ini untuk hindari kaktus untuk terkena cahaya matahari segera dari jendela. Namun, kecuali ruangan Anda tidak punya pencahayaan yang bagus, maka Anda mampu menempatkan kaktus di meja yang punya penerangan baik.

5. Mengganti Pot

Seperti makhluk hidup lainnya, tambah dewasa usia dari kaktus hias, maka akan bertambah pula keperluan akan nutrisinya. Hal ini yang wajib terlampau diperhatikan. Jangan memaksakan kaktus hias untuk hidup selamanya di di dalam pot.

Hal berikut justru akan sebabkan kaktus hias berisiko mati. Pasalnya, nutrisi yang diperlukan kaktus hias kurang tercukupi dikarenakan ukuran pot terlampau kecil. Maka dari itu, secara berkala Anda mengganti pot kaktus hias berikut bersama ukuran yang lebih besar. Namun, selamanya hati-hati di dalam menggantinya dan jangan hingga berlangsung kesalahan yang fatal.

6. Beri Pupuk secara Teratur

Cara ini sebetulnya merupakan langkah yang cukup basic dan seharusnya dipahami kecuali menginginkan bercocok tanam, dikarenakan sebetulnya keperluan tanaman akan asupan nutrisi wajib diperhatikan. Pupuk berguna di dalam memberi nutrisi berikut untuk kaktus. Jenis pupuk yang mampu digunakan sebetulnya cukup standar, layaknya pupuk kompos, pupuk kandang, atau jenis pupuk NPK. Namun, di dalam memberi pupuk pada kaktus hias ada baiknya untuk hati-hati, dikarenakan kecuali sembarangan akan mengakibatkan kerusakan wujud fisik dari kaktus hias tersebut.

Demikian sederet langkah menjaga kaktus hias indoor. Rawat bersama disiplin sehingga tanaman hias Anda tak hingga mati.